Cara memperpanjang SIM (Sebagai contoh Pengalaman di Kabupaten Tuban) - Barno Suud

Situs Pribadi Barno Suud. Berisi Ilmu Pengetahuan (Knowledge), Planologi (Perencanaan Wilayah dan Kota), Teknik Lingkungan, GIS (Geographic Information System), Agama Islam, Lagu Islam, Sharing Perjuangan, Romance, Bisnis, Traveling, Jasa Pembuatan Peta Digital, Serta artikel bermanfaat lainnya.


Breaking

Home Top Ad

Jangan biarkan Rezeki & Ilmumu hanya untuk dirimu Sendiri . . . !!!

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, May 04, 2021

Cara memperpanjang SIM (Sebagai contoh Pengalaman di Kabupaten Tuban)

Suasana ngantri ketika mengurus Perpanjangan SIM


Cara memperpanjang SIM tiap daerah mungkin ada yang beda. Mungkin yang membedakan hanya pada lokasi/tata letak prosesnya. Kita bisa mengurusnya di Kantor Polres, Sim keliling, bahkan secara online. Namun pada dasarnya semua sama saja. Dan hal penting yang harus kita perhatikan sebelum mengurus perpanjangan SIM yaitu kita harus mempersiapkan beberapa persyaratan seperti KTP, SIM lama, serta uang. 

Berikut pengalaman saya mengurus perpanjangan SIM di Polres Tuban :

1. Parkir dulu kendaraan di Lapangan Tenis Sebelah Polres Tuban

2. Fotocopy KTP dan SIM sebanyak 5 lembar

Fotokopi di dekat lapangan Tenis/dekat KODIM Tuban. Kalau kita lupa/tidak tahu berapa jumlahnya bilang saja ke petugas fotokopi kalau buat ngurus SIM.

3. Membeli map sesuai permohonan SIM

Kita bisa beli map sesuai permohonan di tempat fotokopi KTP & SIM, jangan lupa bilang sesuai permohonan. Jika anda memperpanjang SIM C anda harus beli map berwarna kuning. 

4. Tes kesehatan di Seberang depan KODIM Tuban

Setelah fotokopi dan membeli map, kita datang ke tempat tes kesehatan. Yang lokasinya berada di seberang depan KODIM Tuban.  Sangat mudah kok tesnya, kita dicek kesehatan sebentar. Untuk dapat surat keterangan sehat. Besar biaya kesehatan sebesar Rp. 25.000,-

5. Tes Psikologi di Seberang depan KODIM Tuban

Lokasi tes psikologi juga di tempat yang sama dengan tes kesehatan.  Tes psikologinya juga simpel-simpel saja. Nggak ribet-ribet amet.  Nggak serumit ketika tes kerja dengan bejibun saingan :-D kita disuruh mengerjakan soal psikotes sederhana. Asal lagi kondisi sehat Insya Allah pasti bisa. Jadi jangan takut ya :-D besar biaya tes psikologi sebesar Rp. 50.000,-

6. Semua Berkas dimasukkan ke dalam map

Setelah Tes Kesehatan dan Tes Psikologi, semua berkas meliputi hasil tes psikologi, tes kesehatan, foto kopi KTP dan SIM lama dimasukkan ke dalam map

7. Pergi ke Polres Tuban

Dengan membawa berkas-berkas persyaratan datang ke kantor Polres Tuban. Kalau bingung bisa tanya ke petugas di pos pintu masuk. Nanti kita diarahkan tujuannya kemana. 

8. Masuk ke ruang Pendaftaran di sebelah pos pintu masuk polres Tuban

Kita mengumpulkan berkas-berkas persyaratan, lalu menunggu dipanggil. Ketika dipanggil akan ditanya keperluan untuk memperpanjang atau membuat SIM baru. Kita akan mendapatkan formulir dan SIM lama dilampirkan ke dalam map.  Setelah itu kita akan di arahkan ke kantor Pengurusan SIM depan lapangan polres.

9. Lanjut ke kantor pengurusan SIM di depan lapangan Polres

Di kantor pengurusan SIM kita harus mengisi formulir pendaftaran. 

10. Isi formulir, bayar SIM, foto

Ketika mengisi formulir pendaftaran hati-hati jangan sampai keliru. Di sana ada petunjuk pengisian. Setelah mengisi formulir pendaftaran kita ngantri ke loket selanjutnya untuk melakukan pembayaran. Besar biaya pembayaran perpanjangan SIM tergantung jenis SIM. Biaya SIM A, BI, BII, dan Umum sebesar Rp 80.000,- sedangkan SIM C sebesar Rp 75.000,-, dan SIM D & DI Sebesar Rp 30.000,-

Setelah bayar kita disuruh nunggu antrian lagi untuk foto dan Cap Sidik Jari.

11. Tunggu SIM jadi

Setelah foto dan cap sidik jari kita tunggu SIM dicetak.

12. selesai

Demikian sharing pengalaman saya dalam mengurus perpanjangan SIM. Di manapun tempatnya pasti kurang lebihnya sama saja. Yang penting membawa persyaratan lengkap, KTP, SIM lama. lalu mengikuti prosedur yang berlaku meliputi tes kesehatan, tes psikologi, dan seterusnya. Semoga bermanfaat. 



Tuban, Mei 2021

TTD

Barno Suud

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here