Penyusunan Peta Ruas Jalan Nasional Terhadap Kawasan Hutan di Indonesia dengan aplikasi GIS - Barno Suud

Situs Pribadi Barno Suud. Berisi Ilmu Pengetahuan (Knowledge), Planologi (Perencanaan Wilayah dan Kota), Teknik Lingkungan, GIS (Geographic Information System), Agama Islam, Lagu Islam, Sharing Perjuangan, Romance, Bisnis, Traveling, Jasa Pembuatan Peta Digital, Serta artikel bermanfaat lainnya.


Breaking

Home Top Ad

Jangan biarkan Rezeki & Ilmumu hanya untuk dirimu Sendiri . . . !!!

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, January 05, 2021

Penyusunan Peta Ruas Jalan Nasional Terhadap Kawasan Hutan di Indonesia dengan aplikasi GIS



Contoh Hasil Produk Peta Jalan Nasional Terhadap Kawasan Hutan



Beberapa waktu lalu saya terlibat dalam pekerjaan Penyusunan Peta Ruas Jalan Nasional terhadap kawasan hutan. Pekerjaan tersebut diprakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dalam Penyusunan Peta Ruas Jalan Nasional terhadap Kawasan Hutan meliputi beberapa tahap. Berikut saya share metode/step yang saya lakukan antara lain: 

a. Pemutakhiran data dan pengecekan kelengkapan Ruas Jalan Nasional dan Kawasan Hutan 

Pemutakhiran data dilakukan pada provinsi terkait di Indonesia. Data dapat berupa data vektor dan raster yang meliputi data ruas jalan nasional, administrasi wilayah, tonimi lintas nasional, serta kawasan hutan di lokasi yang bersangkutan. Data tersebut digunakan dalam penyusunan Peta Ruas Jalan Nasional dan Kawasan Hutan yang diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi GIS (Geographic Information System). 

b. Overlay Data Ruas jalan Nasional Terhadap Kawasan Hutan 

Overlay dilakukan antara data ruas jalan nasional dan kawasan hutan. Overlay dilakukan untuk mengetahui jalan nasional yang memasuki kawasan hutan. 

c. Kelengkapan Visual terkait Node wilayah yang dilalui ruas jalan Nasional, Batas Ruas Jalan, nomor ruas jalan, serta Kawasan Hutan yang dilalui Jalan Nasional 

Setelah mengetahui jalan nasional yang memasuki kawasan hutan dari tahap overlay dilakukan penomoran ruas jalan sesuai SK, pemberian batas ruas jalan nasional serta jenis kawasan hutan yang dilalui jalan nasional untuk membedakan ruas yang memasuki kawasan hutan dengan yang tidak memasuki kawasan hutan. 

d. Geoprosessing Ruas Jalan Nasional dan Perhitungan Ruas Jalan Nasional yang memasuki Kawasan hutan 

Geoprosessing dilakukan untuk menghitung seberapa panjang jalan nasional yang memasuki kawasan hutan. Geoprosessing menggunakan analisis overlay dengan bantuan aplikasi GIS (Geographic Information System). 

e. Identifikasi Koordinat yang memasuki Kawasan Hutan 

Identifikasi koordinat untuk mengetahui lokasi jalan nasional yang memasuki kawasan hutan secara geografis. Identifikasi ini menggunakan bantuan aplikasi GIS (Geographic Information System). 

f. Tabulasi data Ruas Jalan Nasional yang memasuki Kawasan Hutan 

Tabulasi data menggunakan microsoft excel dan microsoft word. Isi tabulasi berupa data ruas jalan nasional yang memasuki kawasan hutan yang terdiri dari nama ruas jalan nasional, panjang dalam SK, panjang ruas jalan yang memasuki kawasan hutan serta koordinat ruas jalan nasional yang memasuki kawasan hutan. 

g. Layouting Peta Jalan Nasional terhadap Kawasan Hutan 

Layouting peta merupakan tahapan akhir dalam penyusunan peta. Berupa tampilan secara visual yang memenuhi kaidah kartografi serta menampilkan hal-hal yang terkait peta jalan ruas nasional terhadap kawasan hutan pada provinsi yang bersangkutan di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here