Deliniasi wilayah Tertentu untuk keperluan Analisis Spasial, tanpa harus terjun ke Lapangan (Memotong Polygon dengan ArGIS) - Barno Suud

Situs Pribadi Barno Suud. Berisi Ilmu Pengetahuan (Knowledge), Planologi (Perencanaan Wilayah dan Kota), Teknik Lingkungan, GIS (Geographic Information System), Agama Islam, Lagu Islam, Sharing Perjuangan, Romance, Bisnis, Traveling, Jasa Pembuatan Peta Digital, Serta artikel bermanfaat lainnya.


Breaking

Home Top Ad

Jangan biarkan Rezeki & Ilmumu hanya untuk dirimu Sendiri . . . !!!

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, March 03, 2020

Deliniasi wilayah Tertentu untuk keperluan Analisis Spasial, tanpa harus terjun ke Lapangan (Memotong Polygon dengan ArGIS)


Gambar Tata Guna Lahan Kabupaten Banyuwangi 


Beberapa yang lalu aku dapat request dari orang yang bekerja di Balai Jalan Nasional Wilayah Indonesia Timur untuk menulis sharing pengalaman dunia kerja. Beliau salah seorang yang pernah bertemu denganku dalam suatu acara yang diadakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Kota Surabaya tempo lalu. 
Beliau bermaksud ingin mengambil data hutan tertentu dari data hutan seluruh Indonesia. Beliau ingin menghitung luas hutan tertentu yang terkena trase rencana pembuatan jalan tanpa harus survey lapangan terlebih dahulu. 
It’s Okey. Hal yang dapat dilakukankan yakni dengan bermain data polygon yang berbetuk format shp. Data polygon tersebut dipotong dengan bantuan software GIS (Geographic Information System). 
Memotong polygon dapat diterapkan dalam berbagai pekerjaan. Misalnya kita akan mengambil bagian hutan tertentu berdasarkan administrasi dari beberapa hutan, penggunaan lahan, laut, dan lain-lain. 
Dalam tulisan ini kita akan mengambil data penggunaan Lahan hanya di Kecamatan Genteng untuk membuat peta penggunaan lahan di Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Langkahnya sebagai berikut : 
1) Siapkan data shp layer Penggunaan Lahan yang akan dipotong. Dalam hal ini data Penggunaan lahan kabupaten Banyuwangi yang akan diambil hanya pada kecamatan genteng. 


2) Siapkan data shp layer untuk memotong. Dalam hal ini layer kecamatan genteng sebagai pemotong


Gambar layer Pada ArcCatalog




3) Buka software arcGIS, kita panggil kedua layer tersebut




Gambar ArcGIS ditambah layer guna lahan dan Kecamatan Genteng




4) Lalu cari ArcToolbox

5) Analysis Tools

6) Extract

7) Clip



Gambar Langkah clip polygon




8) Pada kotak clip




Gambar tampilan Kotak clip




Pada Kotak clip terdapat input features menunjukan dimana layer yang akan kita potong. Dalam hal ini penggunaan lahan banyuwangi. Sehingga kita isi Penggunaan Lahan Banyuwangi. Pada clip features menunjukkan dimana layer untuk memotong dalam hal ini kecamatan genteng. Sehingga kita masukkan layer kecamatan genteng. Setelah itu kita klik oke.

9) Selesai. Selamat mencoba!!! šŸ˜Š





Gambar Hasil Clip yang siap untuk diolah sesuai kebutuhan
















referensi :
- Raharjo, Beni dan Ikhsan, Muhamad. 2015. Belajar ArcGIS 10. Banjarbaru: Geosiana Press
- Pengalaman penulis --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Melayani jasa Pembuatan Peta berbasis GIS untuk akademisi, Dinas/Instansi Pemerintah, praktisi, Konsultan, Kontraktor, Pengusaha. Silahkan HUBUNGI : 081357112825

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here